Bakmi Jogja Trunojoyo, Nikmati Suasana Jogjakarta di Surabaya

Maret 06, 2022

Dear Bloggies, 


Biasanya, kalau saya sedang kangen suasana Jogja dan kuliner nya, saya selalu mampir ke salah satu rumah makan bernuansa Jogja di Surabaya, Bakmi Jogja Trunojoyo. Rumah makan ini mengusung konsep budaya jawa dengan interior yang sangat jawa dan keunikan pelayanannya yang menggunakan bahasa krama halus. Sangat jarang sekali menemui karyawan rumah makan melayani dengan bahasa krama halus di tengah kota Surabaya ini.

Area outdoor yang digunakan sebagai smoking area

Pegawai rumah makan di bagian minuman

Suasana di dapur terbuka

Menu yang disajikan disini cukup sederhana, Nasi Goreng, Bakmie, dan Bihun, dengan penyajian yang bervariatif. Rasa makanannya juga cukup otentik karena cara memasaknya masih menggunakan arang. Ada beberapa menu favorit saya, dimana saya memesannya berdasarkan cuaca dan kondisi badan saat berkunjung kesana, hahaha. Kalau Surabaya sedang hujan, biasanya saya memesan bakmie nyemek. Sedangkan kalau Surabaya memasuki musim kemarau dan cuaca cerah, nasi goreng mawut menjadi pilihan saya. Nasi goreng dengan rasa medok, smokey, disajikan di piring dengan alas daun pisang yang semakin menggugah selera. Sayangnya, setiap kali saya berkunjung kesana, menu jeroan, usus, dan sebagainya selalu HABIS, entah karena banyak peminat atau gimana. 

Satu porsi mie nyemek dengan ekstra telur mata sapi

Salah seorang pegawai sedang membersihkan wajan untuk masakan selanjutnya

Menu Wedhang jahe dan ronde nya menjadi favorit saya. Sembari menunggu pesanan kalian datang, kalian bisa memecan camilan seperti bacem tahu-tempe atau pisang goreng. Untuk pisang goreng nya bisa beli terpisah di area depan resto, nota nya terpisah dengan nota makan. Pisang goreng nya disajikan dengan taburan gula aren dan gula bubuk, dimakan hangat hangat sembari menikmati suasana jogja. 

Interior area indoor khas dengan desain ceiling tinggi khas bangunan Belanda

Beberapa ornamen seperti kaca jadul ditempatkan di area indoor

Interior rumah makan disini juga khas jogja, bangunan khas arsitektur belanda yang ceiling nya tinggi sehingga sirkulasi udara nya tetap bagus dan tetap sejuk. Warna kusen jendela dan pintu dicat hijau tua semakin menambah kesan vintage dari bagunan disini. Terdapat toilet dengan beberapa tanaman hias di dindingnya. Sayangnya, disini belum ada mushola untuk tempat sholat, jika kalian ingin menumpang beribadah, bisa ke mushola milik SPBU yang letaknya bersebelahan dengan rumah makan ini.

Recommended place buat Surabaya netizen yang kangen Jogja dan suasananya tapi masi belum bisa ke Jogja karena pandemi.


Bakmi Jogja Trunojoyo
Jl. Tegalsari No.47, Tegalsari, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60262
(031) 5343859
Jam Buka 11.00 - 21.00
Senin Tutup

You Might Also Like

2 comments

  1. wah bakmi jogja mah kesukaan aku ini

    BalasHapus
  2. Bakmi Jogja itu memang ENAAAAK 😄😄👍, walaupun terkadang masaknya lamaaa hahahahaha. Mungkin Krn pake arang dan 1-1 sih diracik ya mba.

    Untung aja di JKT ada beberapa tempat yg jual bakmi Jogja. Jadi kalo kangen aku tau hrs makan di mana. Tapi kalo sesekali ke Surabaya, pengen juga cobain bakmi Jogja di sana.

    BalasHapus