Alternatif Penginapan Selama Liburan Ke Seoul

11.45.00


Dear Bloggies,

Salah satu hal yang paling penting ketika liburan ke Seoul dalam waktu yang lumayan lama adalah TEMPAT MENGINAP! Yak, ini sangat penting sekali temen-temen, seenggaknya kita harus menentukan tempat menginap yang nyaman, dan yang pasti ramah di kantong kalian. Ada 3 jenis alternatif jenis penginapan yang bisa kalian temukan di Seoul berdasarkan budget dan kebutuhan kalian.
  1. Apartemen atau Local House

    ③♥WONDERFUL♥Lovely♥Bright♥2BR♥4Bed♥FreeEggWiFi
    Apartemen yang kita sewa selama di Seoul
    ③♥WONDERFUL♥Lovely♥Bright♥2BR♥4Bed♥FreeEggWiFi
    Salah satu kamarnya, disini saya dan ketiga teman saya tidur
    Beberapa tahun belakangan ini, pilihan untuk menginap di apartemen atau local house sangat populer di kalangan Traveller, apalagi mereka yang sedang backpacker dalam 1 kelompok. Website Airbnb.com sangat sangat membantu sekali buat kalian yang mencari apartemen atau local house untuk menginap, di website ini kalian bisa mencari apartemen yang sesuai dengan kebutuhan rombongan kalian. Apartemen yang di sewakan di Airbnb pun sangat bervariasi, berdasarkan kebutuhan dan jumlah grup traveling kalian.

    Disini sistem sewa nya bermacam-macam tergantung pada host atau tuan rumah atau pemilik apartemen yang biasanya memberikan deskripsi bagaimana proses check in-check out. Ada host yang memberikan password apartemen saat setelah kita melakukan pembayaran, ada juga yang host nya tinggal 1 gedung dengan apartemen yang akan kita sewa, semuanya dijelaskan di deskripsi yang ada di web Airbnb.

    ③♥WONDERFUL♥Lovely♥Bright♥2BR♥4Bed♥FreeEggWiFi
    Dapur apartemen yang komplit! sangat menunjang penghematan makan kita
    ③♥WONDERFUL♥Lovely♥Bright♥2BR♥4Bed♥FreeEggWiFi
    Kamar mandi apartemen yang dilengkapi dengan mesin cuci
    Saya dan rombongan saya memilih untuk tinggal di apartemen di daerah Hongdae, Mapo-gu. Satu apartemen muat untuk 5 orang dengan 2 kamar, dapur, kamar mandi lengkap dengan mesin cuci, kulkas, microwave, dan oven. Gambar apartemen yang ada di Airbnb sesuai dengan apa yang kami dapat, dan host pemilik apartemen nya sangat baik sekali, meskipun kami tidak pernah bertatap muka. Kami diberikan password apartemen jauh hari sebelum keberangkatan, dan kami hanya berkomunikasi melalui Airbnb dan e-mail pemilik.  Untuk menginap selama 7 hari, saya hanya perlu budget 1,5 juta SAJA! Termasuk murah karena kami satu kelompok mendapatkan privasi dan kami bisa menghemat di biaya makan karena sudah ada dapur dan microwave yang sering kami gunakan untuk memasak mie instan atau sekedar menghangatkan nasi.

    Kelebihan dari sewa apartemen adalah:
    1. Termasuk murah kalau kalian traveling berkelompok
    2. Fasilitas lengkap
    3. PRIVASI terjaga kalau kita traveling sama teman deket sendiri
    4. Beberapa apartemen menawarkan Wifi Egg (pocket wifi) GRATIS yang bisa kita pakai jalan


    Kekurangan dari sewa  apartemen adalah:
    1. Ada beberapa apartemen yang agak jauh dari stasiun
    2. Beberapa apartemen tidak menyediakan lift, kalian harus benar-benar teliti 

  2. Hostel
    Tampilan depan BOA Hostel
    Ini juga menjadi alternative akomodasi murah yang pernah disarankan oleh kakak saya, namanya BOA Hostel. Di daerah Seodaemun-gu Seoul, yang tidak jauh dari Hongdae. Hostel ini sudah cukup terkenal di kalangan traveler karena pelayanan mereka yang memuaskan, mereka juga ramah terhadap turis muslim. 
    Prayer room nya

    Dapur umum nya ada tempat khusus menyimpan peralatan memasak untuk muslim

    Ruang makannya
    Berdasarkan dari pengalaman kakak saya, kita harus booking jauh-jauh hari ini untuk mendapatkan tempat di BOA Hostel ini, karena tempat mereka selalu penuh setiap hari nya. Buat temen-temen muslim, kalian ngga usah khawatir, karena mereka menyediakan prayer room di lantai atas lengkap dengan sajadah dan Al-Quran. Di hostel ini, kita juga bisa memasak makanan sendiri untuk menghemat budget lho! Bahkan alat masakn untuk teman-teman muslim dipisah dengan alat memasak umumnya. Rate untuk Hostel biasanya bermacam-macam, mulai 200 -500 ribu / malam nya, tergantung tempatnya juga.

    Kelebihan dari menginap di Hostel adalah:
    1. Termasuk murah kalau kalian traveling sendirian atau berdua
    2. Fasilitas lumayan komplit
    3. Dapur umum bisa menambah teman baru dari tamu negara lain yang menginap disana


    Kekurangan dari menginap di Hostel adalah:
    1. Perhatikan benar-benar saat mencari hostel, mulai dari fasilitasnya
    2. Hostel yang populer biasanya penuh dan kalian harus booking 6-7 bulan sebelumnya
    3. Kurang leluasa untuk memasak

  3. Hotel
    L7 Hotel Hongdae
    Menginap di hotel adalah alternative paling praktis dan antiribet karena kalian disana sudah terjamin akan mendapatkan fasilitas yang sudah pasti nyaman sesuai dengan standar hotel yang ada di Indonesia. Semua fasilitas serba private yang hanya bisa kita pakai sendiri, terlebih kita tidak perlu memikirkan mau breakfast dimana, karena sudah pasti dari pihak hotel menyediakan menu breakfast melimpah sesuai dengan standar Hotel. Cuman, kalau jalan-jalan ke Seoul, kalian harus merogoh kocek mulai dari 1jt/ malam nya untuk menginap di hotel. Bagi backpacker maupun lightpacker yang berhemat, opsi ini sangatlah kurang populer karena membuat mereka over budget. Tapi, buat kalian yang memang benar-benar ingin merasakan traveling nyaman dan mewah, opsi menginap di Hotel bisa jadi pilihan kalian.

    Kelebihan dari menginap di Hotel adalah:
    1. SIMPLE GA PAKE RIBET
    2. Mostly, hotel yang ada di Seoul enak dan punya view bagus kalo malam
    3. Udah ngga mikirin sarapan, karena sudah tersedia di hotel
    4. PRIVASI!


    Kekurangan dari menginap di Hotel adalah:
    1. MAHAL BANGET
    2. Cuman cukup untuk 2 orang
Dengan berbagai macam alternative akomodasi selama liburan di Seoul, kalian bisa memilah dan menyesuaikan dengan budget kalian. Saat ini Korea Selatan terus bebenah di sektor pariwisatanya, terlebih mereka menggencarkan tagline wisata ramah turis muslim. Jangan kaget ketika belanja di Myeongdong, kalian bertemu dengan banyak sekali teman-teman muslim berhijab hahahha, kebanyakan dari mereka berasal dari Malaysia dan beberapa dari Indonesia. Jadi, sudah siap liburan ke Seoul belum?

You Might Also Like

4 komentar

  1. BOA Hostel itu menarik. Muslim friendly. Bagi saya ini penting. Gak enak lah kalau niatnya liburan tapi malah kesulitan untuk mencari tempat / makanan yang sesuai kebutuhan seorang muslim.

    Oh iya, 1,5 juta selama 7 hari itu total harga apartementnya atau sudah dibagi rata per orang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, benar sekali, BOA Hostel bisa jadi alternatif buat muslim traveler yang sedang liburan di Korea. Budget 1,5 juta selama 7 hari sudah dibagi rata per orang nya, lebih hemat bukan

      Hapus
  2. Wahhh ternyata banyak juga ya pilihan penginapannya kalau di Seoul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, banyak banget alternatif tempat menginap di Seoul, karena Korea Selatan memang sedang menggenjot Pariwisata mereka

      Hapus