Pengalaman Staycation Di Hostel 450 RIBU, Tanpa Pintu Kamar Mandi!!

17.00.00

Dear Bloggies,

Askhara Hostel dari depan, ada Seventies coffee yang ramai pengunjung

Have you ever plan to have staycation and ended up having a ‘nightmare’ staycation? Well, this is my story about ‘Nightmare’ Staycation in Surabaya. Saya dan teman saya sudah mengincar Hostel ini  untuk staycation jauh-jauh hari, namun kami belum kunjung mendapatkan kesempatan untuk menginap disana. Suatu hari, kebetulan ada undangan nikah dari salah satu teman kami, terbersit pikiran untuk staycation di hostel lucu yang profile hostelnya saya temukan di Instagram. Mungkin kita berdua terlalu berekspektasi tinggi tentang kamar dan fasilitas yang kami dapat, mengingat harga menginap di tempat tersebut setara dengan hotel bintang 3 sekelas Luminor Hotel dsb. Namun, kami mendapatkan kejutan yang tidak pernah kami duga sebelumnya.


Sebelum melakukan pemesanan melalui salah satu aplikasi, kami sudah mencoba mengecek apakah hostel ini layak, dan apakah rating hostel ini bagus atau tidak. Kami menemukan banyak review bagus di aplikasi pemesanan tersebut, dan beberapa review memuaskan dari customer yang ada di Google, sayangnya kami kurang teliti membaca berbagai macam review yang masuk. 

Gerimis tipis mengiringi kedatangan saya di hostel tersebut, dari luar memang tidak tampak seperti hostel, lebih ke rumah tua dengan café di bagian depan hostel. Saya masuk ke sebuah lorong kecil, dengan banyak sekali anak muda yang sedang kongkow disana. Asap rokok agak pekat di sepanjang lorong dan di ujung lorong terdengar keras musik dan tawa pengunjung café. Saya berusaha positive thinking, bahwa hostel ini mengusung konsep urban minimalism yang di dalamnya juga terdapat café. Teman saya yang sudah check in sebelumnya, menelpon saya dengan nada cemas dan tertawa awkward menyuruh saya buru-buru untuk datang melihat kondisi hostel nya.
Lorong masuk menuju kamar, kamar saya tepat di pintu sebelah kanan pada gambar

Hostel dengan rate 450 RIBU!! sekecil ini, beda banget sama di akun IG mereka

Bisa di cek langsung, akun mereka tidak terlalu fokus ke fasilitas tempat menginap
Source: IG Askharahostel
Saya pikir itu bercanda, tapi…....candaan itu berubah menjadi horror ketika saya melihat sendiri kamar yang kami dapatkan dengan harga IDR 450K itu, emosi saya meledak ledak. Sumpah serapah, dan kata-kata yang seharusnya bisa saya kontrol keluar secara otomatis setelah tahu kondisi kamar yang akan kami tempati. Seprai yang seharusnya putih bersih, terlihat kusam dan ada noda bekas darah yang sudah mulai berubah warna menjadi kecoklatan, kamar yang SANGAT SANGAT SEMPIT bahkan tidak ada space untuk sholat atau menaruh tas. Lebih memprihatinkan lagi, kami mendapati KAMAR MANDI TIDAK BERPINTU!!!!!!, literally kamar mandi polosan tidak ada sekat nya antara kamar mandi dengan kamar. Tempatnya lembab, dan semakin terlihat menyedihkan ketika kami menemukan cat tembok di sebelah tempat tidur yang sudah mulai terkelupas. Suara-suara berisik dari pengunjung café bercampur dengan asap rokok yang masuk ke ruangan, jelas jelas membuat saya emosi hingga speechless sampai tidak bisa berkata apa apa lagi.
Noda di seprai di kamar yang baru kita sewa

Dinding yang mengelupas karena kamar yang terlalu lembab

This place is TOTALLY WRECK!!. Bahkan kami harus sholat diatas kasur karena tidak ada space lagi. Kamar yang sempit, lembab, temaram, berisik, dan toilet yang tidak ada pintu, PERFECT! Seumur umur, saya tidak pernah kena petaka semacam ini,dengan tidak menyebutkan kondisi real dari kamar dan men-charge  tamu dengan harga jauh dari standar Hostel. Saya tidak bisa membayangkan, kalau salah satu temanmu harus membuang hajat di toilet yang tidak memiliki pintu, dengan kondisi kamar yang lembab dan kecil, bau nya akan menjadi parfum ruangan, bgsd banget kan!. It’s disgusting knowing the fact the set a very nice picture in their IG account while in reality, the place is total WRECK and not worth every penny. It’s better to booked in another hotel such as Pop Hotel, or hotel nearby called Artotel, with almost same price, you’ll get way better facilities.

Bahkan Kasur pun langsung menghadap ke pintu keluar-masuk kamar

Space pintu ke toilet benar-benar sesempit ini
Area kamar mandi yang terkesan lembab

YAK!!!!KAMAR MANDI NYA OPEN SPACE 

Benar benar luar biasa tanpa pintu kamar mandi

Area shower

Bukan bermaksud menjelek-jelekkan, namun itu pengalaman buruk yang saya dapatkan, bahkan staff lobby tidak menanyakan alasan kenapa kami check saat itu juga, dan mereka tidak meminta maaf setelah kami komplain banyak hal. Tidak sampai 2 jam kami berada di kamar tersebut, sampai akhirnya kami memutuskan untuk berpindah ke hotel lain di tengah kota Surabaya dengan harga lebih murah namun fasilitas yang kami dapatkan JAUUUHHH LEBIH BAGUSS daripada hostel ini. Sebagai pelajaran buat kalian yang akan melakukan staycation untuk melakukan riset jauh jauh hari atau kalau tidak mau kena zonk seperti kami, mending langsung memilih staycation di HOTEL bukan HOSTEL. 

Akhirnya kami check out setelat 2 jam melihat kondisi kamar dengan tatapan nanar

Semacam pembelajaran baru bagi kami berdua yang sering jadi travel mate

Daripada bete, akhirnya kami memutuskan swafoto dulu sebelum check out



Semoga next trip gapake drama lagi ya!

Here the tips for you yang planning staycation ke tempat oke di Surabaya. Baca review terbaru dari pengunjung, dan pastikan review yang ada di google review benar-benar review asli yang mendeskripsikan pengalaman mereka, lebih baik lagi ketika reviewer tersebut menyertakan foto asli ketika mereview. Saya kurang paham, kenapa hostel ini tetap memiliki rating baik di Google, sedangkan review REAL dengan gambar, kebanyakan menyatakan kekecewaan mereka. Kalau niat buka hostel, seharusnya mereka fokus memperbaiki services dan fasilitas kamar yang ada disana, jangan asal-asalan. Dalam hal memasang tarif kamar, seharusnya mereka bisa mempertimbangkan itu, satu lagi, kalau mereka fokus untuk membuka café, fokus ke café aja, ngga usah pakai hostel segala.



You Might Also Like

1 komentar

  1. 450 rb utk hostel itu mahal loh :o. even kmrn aja aku staycation di hotel bintang 3 cm 500 rb dan itu baguuuuuus. ga kayak foto2 di kamar ini. seriuuus aku jg bkal marah sih mba. jgn hrap aku ksh rating bagus. lgs tulis testimoni deh. kayak kena scam jadinya yaaa... 450 rb kebuang percuma

    aku sering staycation, rutin malah. dan pernah jg dpt zonk. tapi setidaknyaaaaa hrgnya sesuai ama yg dibayar :D. jd ga sakit ati banget. tp kalo pengalaman mu ini beneran lbh nyesek :D

    BalasHapus