Mie Jombor Ibu Sani, Kuliner Autentik Kota Kraksaan-Probolinggo

10.47.00


Dear Bloggies,

Seporsi Mie Jombor yang menggugah selera
Sudah lama sekali saya tidak pernah mengulas review kuliner secara detail di blog ini, karena akhir-akhir ini saya lebih fokus memberikan review di Google review demi mendapatkan Local Guide perks yang biasanya dalam bentuk potongan voucher hotel maupun voucher belanja lainnya.

Dalam rangka perjalanan dinas ke Probolinggo, saya sempat diajak mampir ke salah satu kuliner yang terkenal di Kota Kraksaan-Probolinggo, Mie Jombor Ibu Sani. Warung yang terletak di sisi barat alun-alun Kraksaan ini sudah berdiri sejak tahun 1950-an dengan resep turun temurun. Mie Jombor yang dijual Ibu Sani ini sudah terkenal karena rasanya yang auntentik dan lebih sedap dibandingkan mie Jombor di tempat lain. Cara memasak mie Jombor ini kurang lebih mirip dengan mie Godog (Rebus) Jawa yang biasanya dimasak menggunakan arang. Tekstur mie nya sendiri agak sedikit berbeda dengan mie godog jawa yang biasanya berbentuk pipih. Bapak penjual ini memasak mie Jombor nya di atas tungku arang dalam satu wajan yang sangat sangat besar! Dan uniknya, wajan yang dipanggang diatas arang yang membara, tidak terasa panas ketika dipegang (SERIUS! saya nyobain megang sendiri, sayang nya saya lupa untuk mendokumentasikan karena terlalu asik melihat proses memasaknya).

Seporsi mie Jombor hangat pesanan saya sudah datang, dan saya sudah bisa mencium aroma yang menggoda indera penciuman saya. Mie Jombor disajikan dengan kuah rempah yang langsung menghangatkan jiwa dan raga, dipadu dengan suwiran ayam goreng gurih beserta kecambah dan telur asin. Cita rasa yang jarang sekali saya temukan ketika kuliner mie godog sejenis ini, MAKNYUSSS PISAN EUY!. Kuahnya sedaaaap bangeett, dan mie ini cocok sekali dimakan ketika hujan gerimis atau dingin syahdu untuk menghangatkan relung jiwa yang sudah lama dingin, hahahaha. Bagi kalian yang pecinta pedas, tinggal menambahkan cabe rawit yang disediakan di meja, karena tidak ada campuran sambal dalam proses memasaknya.


Coba cek Google Maps kalian, gampang banget buat nemuin warung Mie Jombor Ibu Sani
Bagi kalian yang sedang melakukan perjalanan arah Timur (Situbondo, Bali dan sekitarnya) via jalur pantura, bisa dengan sangat mudah mampir ke warung ini, karena terletak di pinggir jalan raya (agak masuk sedikit). Warung Mie Jombor ini berada di alun-alun Kraksaan sisi barat, di depan kantor Kabupaten Probolinggo. Untuk harga?? Jangan ditanya, SANGAT SANGAT AFFORDABLE, MURAH! Satu porsi Mie Jombor dibanderol dengan harga 10 ribu SAJA (per Mei 2018 lalu, hehehe).
 
Oiya, kalo bisa jangan cobain di warung lain, karena rasa mie Jombor nya ngga seenak di sini... 😊😊


You Might Also Like

2 komentar

  1. uwaaahhhhh pengen bangetttttt. ntah kapan nih bisa ke daerah kraksaan.. Tapi mie godog macem gini, akutu suka bangetttt.. kalo ke jogja yang dicari ya mie godog biasanya. tp penasaran jg pgn icipin mie godog dari daerah lainnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneer :) , setiap daerah punya keunikan mie godog nya, di Kraksaan ini termasuk lebih light daripada bakmi Jogja

      Hapus