Sop Merah, Kuliner Legend Jogja Sejak 1993

Januari 18, 2023

 Dear Bloggies,

Warung Lama Sop Merah

Jika kalian sedang berkunjung ke Jogja, tidak ada salahnya untuk mencicipi salah satu kuliner legend yang termasuk kuliner underrated di Jogja, Sop Merah. Lokasi warung yang sebelumnya berada pas di tikungan di Jl. Kolonel Sugiyono 74, Brontokusuman ini sudah ada sejak tahun 1993. Saat ini, warung Sop Merah sudah pindah di alamat baru nya Jl. Sorogenen No.2, Sorosutan, Umbulharjo, dengan area parkir yang lebih nyaman dibandingkan di tempat sebelumnya tepat di tikungan lampu merah.

Menu yang disediakan adalah Sop Merah dan Sop Putih, dimana untuk Sop Merah merupakan Sop ayam yang diberi pasta cabai dengan tingkat kepedasan sesuai dengan yang kita inginkan. Sedangkan Sop Putih merupakan Sop ayam original dengan kuah bening yang light dan gurih. Selain Menu Sop, terdapat pilihan topping tambahan yakni ampela ati, sayap, kepala, dada, dan ceker ayam. Setelah memilih menu Sop, kalian pasti akan ditawari tambahan topping, tinggal dipilih sesuai selera untuk kemudian akan di campur ke dalam Sop nya. Saya memesan sop merah pedas dengan tambahan ampela ati dan sayap ayam.

Seporsi Sop Merah dan Nasi

Rasa sop merah pedasnya sangat segar, kombinasi kuah merah yang light, pedas, sedikit asam. Teman saya memesan yang tidak pedas. Untuk rasa sop yang tidak pedas, rasanya seperti kuah sayur sop biasa tapi lebih bening dan segar. Isian sopnya terdiri dari suwir ayam, wortel, kubis, daun bawang dan telur.

Satu mangkok sop merah dibanderol dengan harga 9,000 rupiah, nasi 3,000 rupiah per porsi. Karena saya menambah topping ampela ati dan sayap, dikenai tambahan 8,000 rupiah. Pelayanannya cepat dan penjualnya pun ramah sekali. Kuliner ini cocok dinikmati sambil menikmati hujan di Kota Jogjakarta, hahaha, nggak juga sih, kalian bisa menikmati Sop Merah ini setiap saat ketika kalian melancong ke Jogjakarta.


Sop Merah

Open Daily 9:30 AM–9:30 PM

Jl. Sorogenen No.2, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55162


You Might Also Like

2 comments

  1. Aku pernah cobaaaa ini ❤️❤️. Segeeer memang mba. Paling minusnya, krn lidah sumateraku suka pedes bangetttt, jadi pas Pesen yg paling pedes dari SOP ini, tetep aja ga pedes 🤣. Tapi enaaak rasanya. Kalo ke Jogja lagi mau sih balik kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, sama mbaa, aku juga pecinta pedes jadi menurutku pedesnya di Sop ini, masih ngga terlalu pedes. Worth buat balik kesini lagi

      Hapus