Tips Jitu Mengajukan Visa Korea Selatan

12.30.00


Dear Bloggies,


Setelah itinerary dan tiket penerbangan sudah di tangan, langkah selanjutnya adalah pembuatan visa. Cara ini bisa dibilang riskan sekali, karena ketika tiket sudah di tangan tapi nasib Visa yang belum jelas tentu akan membuat hati dag-dig-dug tak karuan, tapi setidaknya kita dilatih memiliki pikiran yang super positif kalau visa kita pasti lolos hahaha.

Pembuatan visa Korea bisa dibilang sangat mudah dan tidak terlalu rumit. Untuk langkah-langkah pengisian visa, saya menggunakan panduan yang ada di Blog ngasakorea.com karena panduan yang diberikan disitu sangat lengkap dan lebih detail. Untuk persyaratan visa itu sendiri, Kedutaan Besar Korea di Indonesia sudah memperbarui peraturan mereka mulai tanggal 2 Maret 2018 lalu. Berikut persyaratan yang bisa kalian lihat di website pengajuan visa korea.

Dokumen Persyaratan dan Susunan Dokumen

1. Formulir Aplikasi Visa (foto langsung ditempel pada kolom foto) : 
Isi Formulir dengan lengkap

2. Paspor Asli dan Fotokopi Identitas Paspor (paspor lama jika ada) : 
Jika sudah pernah mengunjungi Amerika atau Negara OECD lampirkan fotokopi visa Negara tersebut. 
Selain Visa Negara OECD, tidak perlu melampirkan fotokopi Visa

3. Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Mahasiswa (Asli)
- Pelajar/Mahasiswa : Surat Keterangan Mahasiswa/pelajar dalam bahasa Inggris
- Karyawan  : Surat Keterangan Kerja dalam bahasa Inggris,
- Wiraswasta : Fotokopi SIUP

4. Dokumen Keuangan : 
- Rekening Koran, Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak (SPT) atau Slip Gaji
- Pelajar/Mahasiswa wajib melampirkan Rekening Koran Orang Tua
- Ibu Rumah Tangga ataupun yang tidak bekerja dan tidak memiliki rekening koran pribadi, wajib melampirkan rekening Koran Suami/Istri.

5. Fotokopi Kartu Keluarga
●  Jika ada pengundang pribadi ataupun perusahaan pengundang, wajib melampirkan tambahan dokumen dibawah ini

6. Surat Undangan, Fotokopi SIUP Perusahaan Pengundang, Surat Jaminan, Fotokopi Identitas Pengundang

7. Tujuan untuk belajar, lampirkan Certificate of Admission

8. Tujuan dengan waktu tinggal lebih dari 90 hari, lampirkan Certificate of Health dari Rumah Sakit yang telah ditunjuk oleh Kedubes Korea.

Poin diatas merupakan urutan dokumen dan penyusunan pengumpulan dokumen pengajuan visa. Untuk poin nomor 3, surat keterangan kerja berbahasa inggris bisa diminta ke SDM atau bagian HR di perusahaan kamu. Biasanya mereka akan meminta kita membuat draft surat keterangan kerja dalam Bahasa inggris untuk kemudian diajukan kepada kepala bagian terkait. Lebih enak lagi kalau bagian SDM atau HR nya sudah memiliki draft surat keterangan kerja berbahasa inggris, tinggal mengajukan surat permintaan saja ke sana.

Untuk poin nomor 4, tentang dokumen keuangan nih, saya ada beberapa tips dan saran untuk membuat dokumen keuangan kamu rapi dan memperbesar kesempatan lolos nya pengajuan visa kamu (BUKAN JAMINAN LHO YA).

TIPS:
  1. Pastikan kamu memiliki saldo tabungan yang bisa mencukupi hidupmu selama kamu tinggal di Korea. Misalnya kamu akan tinggal di Seoul selama 6 hari, maka hitungannya biaya hidup dikalikan berapa lama kamu tinggal. Asumsi disini biaya hidup disana termasuk makan dan jajan sekitar 1juta perhari nya, jika kamu tinggal selama 6 hari, maka setidaknya kamu punya tabungan yang tidak bergerak sebanyak 6juta rupiah.
  2. Pastikan ada pemasukan rutin selama 3 bulan terakhir di rekening mu, sehingga kamu seolah olah memiliki pemasukan yang konsisten selama 3 bulan terakhir. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan petugas imigrasi Korea bahwa kamu HANYA berwisata dan tidak berniat mencari kerja di Korea sana.
  3. Sertakan surat referensi dari Bank dari rekening yang kamu gunakan karena ini PENTING BANGET!, surat ini menyatakan bahwa kamu benar-benar nasabah bank tersebut, memiliki aliran dana yang sehat, dan masih aktif bertransaksi di Bank tersebut. Persyaratan permintaan surat referensi ini berbeda-beda setiap bank, dan kamu juga akan dikenai biaya untuk pembuatan surat referensi ini. Saya kemarin mengajukan 2 surat referensi Bank karena saya mengajukan 2 rekening koran. Untuk Bank BRI, kalian akan diminta membuat surat permintaan pembuatan referensi dalam BAHASA INGGRIS yang berisi keterangan bahwa kalian membutuhkan surat tersebut sebagai syarat pengajuan visa. Biaya pencetakan surat referensi di Bank BRI sejumlah 150 ribu rupiah dan Bank CIMB NIAGA 50 ribu rupiah. Pastikan kalian sudah bertanya terlebih dahulu ke bagian customer service untuk persyaratan cetak surat referensi ini ya!
  4. Saya kemarin mengajukan 2 rekening koran yaitu rekening koran dari tabungan dan rekening koran dari rekening gaji, untuk semakin meyakinkan petugas imigrasi bahwa saya hanya niat berlibur saja disana. Cetak rekening koran di Bank BRI dan CIMB NIAGA gratis. 
  5. Bagi yang sudah memiliki SPT tahunan, bisa dilampirkan sebagai opsi lain dari slip gaji. Karena slip gaji saya sengaja tidak saya gunakan karena sudah memiliki lampiran SPT tahunan yang sudah ditandatangani kepala divisi terkait.


Sebenarnya, poin yang krusial itu ada di dokumen keuangan kalian, karena dari informasi tersebut pihak imigrasi Korea akan semakin yakin bahwa kalian hanya mencari visa untuk berlibur dan tidak akan mencari pekerjaan disana, ini bertujuan untuk mencegah adanya imigran gelap yang mencari pekerjaan disana. Berdasarkan aturan yang baru, kalian TIDAK PERLU lagi mencantumkan Itinerary dan tiket penerbangan kalian di pengajuan visa ini, cukup melampirkan dokumen yang lengkap dan sesuai urutan yang sudah diberikan.

Teliti dan cek ulang dokumen pengajuan kalian, pastikan tidak ada yang tertinggal. Pengajuan visa Korea ini bisa dilakukan sendiri atau melalui pihak travel. Range biaya nya dipastikan bervariasi, ada Dwidaya Tour, Bayubuana, dsb, kalian bisa melakukan riset untuk melihat review sekaligus membandingkan harga. Jasa travel ini sangat sangat bermanfaat bagi kalian yang sudah bekerja dan tidak ada waktu untuk ke Jakarta untuk melakukan pengajuan visa. Minus nya, terkadang pihak travel memiliki persyaratan sendiri yang mana kalian diharuskan memiliki tabungan dalam jumlah tertentu agar pengajuan visa kalian bisa mulus lancar jaya. Bagi saya yang tidak memiliki tabungan sebanyak itu, saya dan teman-teman saya yang domisili Surabaya dibantu oleh seorang teman satu grup traveling yang berdomisili di Jakarta untuk pengajuan visa nya.

Tidak lama, sekitar 14 hari kerja (ini karena salah satu teman saya telat mengirim dokumen persyaratan, makanya sedikit agak lama), Alhamdulillah visa kami lolos semua.Oh iya, pemrosesan visa biasanya kurang lebih 6 hari kerja, tapi bisa saja lebih dari itu bila interview dibutuhkan atau beberapa dokumen yang perlu konfimasi (kasusnya jarang banget sih, selama pengajuan kalian lengkap the sooner your visa approval to be announced). Senang dan lega hati ini karena persyaratan krusial sudah terpenuhi, sekarang saatnya melakukan pemesanan penginapan, editing itinerary dan sewa wifi demi kelancaran internet selama berada disana. Pantengin terus tulisan saya yaa!

You Might Also Like

4 komentar

  1. Kalau mau ke Jepang, bisa baca postinganku yang judulnya cara membuat visa jepang ndin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dibaca dong sejak kamu posting dulu ndu....Alhamdulillah ada kedubes Jepang di Surabaya, tapi seenggaknya harus ambil cuti buat ngumpulin berkas sendiri kesana kan..

      Hapus
  2. Masih mencoba kumpulan dana buat plesiran. Terima kasih infonya.

    BalasHapus