Tips Menyusun Itinerary Liburan ke Korea 6 Hari, Ngapain Aja??!

16.47.00


Dear Bloggies,

Hal yang paling menyenangkan bagi saya dalam persiapan liburan adalah menyusun itinerary alias rencana perjalanan. Menyenangkan karena dalam proses penyusunan itinerary ini, saya bisa sambil membayangkan perjalanan saya nanti akan seperti apa. Kali ini saya menyusun itinerary jauh-jauh hari dengan teman seperjalanan saya, Mas Aul. Format penyusunan itinerary yang kami susun mengacu pada format yang kakak saya buat sebelumnya, karena dia sudah berpengalaman backpacker ke Seoul-Jeju tahun lalu.

Proses menyusun itinerary ini sebenarnya susah-gampang, kalau traveling nya sendirian pastinya akan lebih mudah menyusun itinerary karena kamu hanya pergi ke tempat yang kamu mau saja. Karena ini liburan berlima, jadi kami open request ke teman seperjalanan tempat yang ingin dikunjungi oleh mereka, syukurlah teman-teman saya ini memasrahkan diri ke Mas Aul dan saya untuk menyusun itinerary (teman musafir yang cucmey 💗💗).

Bagi kalian yang pertama kali berangkat ke Korea pasti akan kesulitan untuk menyusun itinerary, karena kalian tidak tahu menahu arah dan harus naik apa. Saya ada beberapa tips untuk menyusun itinerary bagi kamu yang berniat untuk backpacker ke Seoul pertama kali:


TIPS:

GOOGLING! Yes…easy, semuanya bisa dicari di Google. Tentukan dulu kamu ingin berkunjung kemana saja dan sesuaikan dengan durasi liburan kamu. Kamu bisa mengunjungi rekomendasi situs ini untuk mendapatkan travel guide gratis.

  • http://english.visitkorea.or.kr/enu/index.jsp di website ini ada banyak sekali rekomendasi tempat, makanan, hotel, dan transportasi. Bahkan kalian akan menemukan saran rencana perjalanan yang seru disini. Bagi kalian yang muslim, jangan khawatir, karena kalian bisa menemukan panduan prayer room dan halal restaurant yang tersebar di beberapa titik di Seoul disini. Tidak hanya di Seoul, kalian juga bisa mencari attractions atau tempat wisata yang bisa dikunjungi di daerah lain di Korea Selatan
Bosu-dong Book Street, Busan
  • http://english.visitseoul.net/index sama seperti website sebelumnya, disini juga tersedia berbagai macam informasi tentang Seoul dan hiburan apa saja yang bisa kalian nikmati selama liburan di Seoul.
  • Kalau untuk Blog, saya pribadi suka blog nya diarysivika sama missnidy karena mereka juga punya cerita perjalanan yang menarik dan unik yang bisa kalian jadikan panduan untuk menyusun itinerary.
  • Website resmi destinasi wisata, beberapa destinasi wisata di Seoul memiliki website resmi yang bisa kalian akses, biasanya berisi jam buka, harga tiket, reservasi dan informasi seputar tempat tersebut. Misalnya, Yongpyong Ski Resort yang memiliki website resmi memberikan banyak informasi sewa alat ski dan berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati disana. Rajin-rajin sempatkan untuk survey yah!
Rute Perjalanan
Setelah mencari dan menentukan tujuan selama liburan, saatnya kalian menentukan rute perjalanannya dan transportasi yang akan kalian pakai untuk menuju destinasi wisata. Kelompokkan destinasi yang sekiranya jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dalam 1 hari yang sama, dengan tujuan memaksimalkan waktu liburan kalian.

Ada dua aplikasi andalan selain Google maps untuk menyusun rute perjalanan yaitu, NAVER MAP dan KAKAOMETRO. Dua aplikasi tambahan itu SANGAT SANGAT VITAL karena GoogleMaps bisa dibilang kurang update untuk beberapa tempat baru yang ada di Seoul. Kalian bisa menggunakan NAVER MAP sebagai alat bantu untuk mencari tempat yang ingin kalian kunjungi, fiturnya mirip dengan GoogleMaps cuman lebih komplit dengan huruf hangul nya.

Tampilan aplikasi Naver Map
Subway Map yang ada di Aplikasi KAKAO METRO

Rincian jadwal tiba kereta dan harus transfer ke line yang berbeda ada disini

Aplikasi KAKAOMETRO dipakai sebagai panduan untuk menggunakan subway di Seoul yang sangat sangat hectic dan tricky. Kalian bisa mengetahui jadwal kereta, exit gate dan transit gate menggunakan aplikasi ini, mudah dan sangat membantu banget buat kalian yang takut menggunakan bus karena penjelasan rute bus yang rata-rata menggunakan huruf hangul dan penomoran bus nya cukup membingungkan bagi turis yang tidak menguasai bahasa korea sama sekali.

Waktu!
Jangan lupa sesuaikan jam dengan waktu lokal ya, Seoul 2 jam lebih awal dari Indonesia
Yes! Waktu atau durasi mengunjungi tempat wisata merupakan salah satu hal yang penting juga untuk mengantisipasi kacau nya jadwal dan akhirnya kalian tidak bisa mengunjungi destinasi yang sudah direncanakan. Durasi kunjung sebuah tempat ini bisa diperkirakan berdasarkan destinasi kalian, apakah tempatnya luas atau butuh waktu lebih untuk eksplorasi seluruh sudut tempat itu atau bisa jadi hanya sebatas mengambil gambar di tempat tersebut. Pastikan teman-teman satu perjalanan kalian bisa komitmen sesuai dengan jadwal ya...demi kemaslahatan bersama.

Cek Ramalan Cuaca
Mengecek ramalan cuaca saat liburan juga PENTING banget!, karena disini kita bisa mengantisipasi ketika tiba-tiba hujan mendadak, atau tempat itu hanya buka di musim tertentu saja. Kalau destinasi kita saat itu full outdoor dan kalian berkunjung saat musim gugur atau musim dingin, setidaknya kalian sudah bersiap membawa payung dan sarung tangan ketika hujan atau angin dingin menyerang. Kemarin saya menggunakan aplikasi Accu Weather untuk mengetahui pembaruan ramalan cuaca di Seoul, Alhamdulillah tepat. 
Tampilan aplikasi Accuweather di Handphone

Akses Destinasi Wisata
Beberapa destinasi wisata di Korea tidak bisa langsung diakses menggunakan subway, ada juga yang mengharuskan kita berpindah dari stasiun lalu pindah menaiki bus untuk sampai di pelabuhan feri menuju Pulau Nami. Pastikan kalian sudah melakukan survey detail mengenai akses Destinasi Wisata yang akan kalian kunjungi beserta Tiket masuk nya.

Salah satu sudut Nami Island, pasti kalian familiar dengan drama jadul Winter Sonata

Detail!
Buat itinerary kalian se detail mungkin, kalau perlu range juga biaya ticketing transportasi yang kalian gunakan selama perjalanan. Ini berguna banget untuk memperkirakan budget yang bakal kalian bawa nanti. Tidak mengharuskan memakai platform tertentu sih, tapi saya menggunakan Ms. Excel untuk menyusun semuanya, mulai dari itinerary, sampai konversi budget selama liburan.

Ini contoh itinerary saya


Semoga tips nya membantu kalian yang sedang menyiapkan perjalanan liburan ke Seoul ya!. Satu lagi, musim gugur dan musim semi adalah musim yang paling bagus untuk mengunjungi Seoul, karena pemandangan dedaunan yang berwarna kecoklatan sangat sangat memanjakan mata kita yang tinggal di negara tropis ini. 

PS: Jika berminat meminta itinerary, silahkan meninggalkan alamat email kalian di kolom komentar ya, Cheers!

You Might Also Like

6 komentar

  1. Pengen jalan2 ke Korea. Cuman nggak tahu kapan bisa kesampaian Mbak. Semoga diberi rejeki tahun ini biar bisa jalan2 ke Korea. Makasih mbak.

    Monggo singgah di www.abdulmajid.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...semoga bisa kesampaian buat jalan jalan ke korea tahun ini ya mas..

      Hapus
  2. Lamaa gabikin itinerary mbaak, jd kangen liburaan hehehe sayaa juga pake kkao metro mbaak, enak dan membantu banget buat jalan jalan di korsel 😁 apalagi di seoul yg jumlah line nyaa banyaak. Tfs yaaa mbak, salam salam kenaaall 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbaak...sama sama, duh, kalo uda lama ga liburan berati sudah saat nya planning liburan mbak hahahahhaa.

      Iya, Kakao Metro ngebantu banget kalau pas lagi liburan ke Seoul. Salam kenal jugaa :)

      Hapus
  3. trakhir ke seoul, aku juga bikin detil itinnya. tp krn memang aku penyuka themepark, jd pas ke sana, wisata utamanya hrs theme park dulu :D. dan kedua kuliner. enak parah sih kuliner korea itu. street foodnya nagih banget. jujurnya yg bikin aku pgn balik korea,ya kulinernya itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbaak!!! aku juga suka sama kuliner nya Korea, dan emang ya itu jadi alasanku buat main kesana lagi. Kemarin nikmatin banget liburannya, jadi stok fotoku kurang, pingin kesana lagi jadinya mbak, hahahaha

      Hapus