Hok Lay, Kuliner Legendaris Malang Sejak Tahun 1946

September 13, 2021

Dear Bloggies,


Kota Malang menyimpan banyak daftar kuliner yang wajib dicoba, banyak pula kuliner jadul yang sudah eksis selama bertahun-tahun dan sampai sekarang masih ramai dikunjungi. Adalah Hok Lay, kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1946, memiliki kuliner legendaris yang sampai saat ini masih diminati oleh warga Malang maupun pelancong yang sedang berkunjung ke kota Malang. 

Kedai yang sudah berumur 70 tahun lebih ini terkenal dengan menu Lunpia Semarang dan Es Fosco yang legendaris. Selain itu, mereka juga memiliki menu andalan Cwimie Malang yang rasanya khas dan menggugah selera. 

Saat masuk ke dalam depot ini, sangat berasa sekali atmosfer jadul nya. Hanya tersedia beberapa meja besar di depot yang luasnya tidak terlalu besar ini. Pajangan dindingnya menambah sentuhan klasik pada interior depot yang legendaris ini. 

Cwimie Legendaris

Saat berkunjung kesini, suasana depot masih sepi, karena saya sengaja datang pagi agar kebagian es Fosco yang katanya cepat sekali habis. Untung saja, kemarin saya sempat mencicipi es legendaris ini. Saya kemudian juga memesan Cwimie malang, dan Lunpia Semarang nya. Rasa Cwimie nya gurih dengan kuah kaldu yang sangat light, kuah kaldunya mengimbangi bumbu dasar Cwimie yang asin-gurih. Tidak lupa dengan pangsit goreng nya sebagai topping wajib di Cwimie khas Malang. Harga seporsi Cwimie nya juga tidak terlalu mahal, cukup merogoh kocek sebesar 25,000 rupiah saja, saya bisa makan Cwimie yang enak. Selain menu cwimie, mereka memiliki beberapa menu seperti Lomie dan Bakmoy yang patut dicoba, cuman sayang saat itu saya sudah kekenyangan makan seporsi cwimie dan lunpia serta 1 botol es fosco.

Seporsi Lunpia Semarang

Berbeda dengan Lunpia Semarang asli yang ada rasa manis nya, Lunpia Semarang Hok Lay lebih ke rasa gurih, dengan isian rebung yang sedap. Makan Lunpia hangat dengan cocolan saus tauco, sambil menikmati dinginnya kota Malang, hmmm, semakin terasa sedapnya. Satu porsi Lunpia berisi 2 potong lunpia yang sudah disiram dengan saus tauco dibanderol dengan harga 20,000 rupiah

Es Fosco yang dikemas estetik

Es Fosco merupakan menu legendaris. Fosco ini merupakan susu murni dengan rasa cokelat yang khas, asin-manis-gurih. Penyajiannya pun cukup unik karena disajikan dengan botol cola jadul yang fotogenik. Untuk harga sebotol es Fosco adalah 13,000 rupiah.


Hok Lay memiliki jam buka tertentu yang cukup unik. Mereka buka 2 shift yang berbeda, dan biasanya menu Es Fosco habis di penghujung pergantian jam buka. Saya saranin sih, datang pagi pagi aja, sekitar jam 10-11an. Bagi saya, Hok Lay cukup sukses mempertahankan bisnis nya ditengah banyaknya kuliner baru yang berseliweran. Bahkan konon katanya, resep yang digunakan di menu makanan dan minuman mereka tidak berubah sejak awal berdiri nya.

Hok Lay 
Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang
(0341) 364513
Jam Buka 09.00-13.30 dan 17.00-20.30

You Might Also Like

7 comments

  1. Wah artikelnya mengundang selera makan. Hok lay meski jadul bukan berarti kalah saing sama makanan modern nan kian menjamur. Jadi laper. Makasi sharenya mba🙏

    BalasHapus
  2. wah jadi mau negrasain lumpianya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain mba, enak kok...hehehe. Makasi sudah mau mampir

      Hapus
  3. kapan2 klo ke malang aku harus mampir deh ini
    kemarin pas bgt ada notif 5 tahun lalu aku ke Malang..
    hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mampir mas, sesekali cobain kuliner lawas di Malang kota Lama, disana banyak banget kuliner legend. Makasih sudah mampir

      Hapus
  4. CWI mie nya yang aku penasaraaaan banget. Dari dulu kalo liat tampilan cwimie langaung pengeeen. Tapi di Jakarta blm Nemu cwimie yg asli malang. Kata temenku yg orang malang tp kerja di sini, dia jg ga blm nemuin cwimie enak di Jakarta. Makanya udh masukin bucketlist banget, kalo ke malang, wajib nyobain cwimie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbaa, WAJIB banget coba kalo main ke Jatim. Mampir ke malang sama surabaya, cobain kulineran. Makasi uda mampir

      Hapus